Tahapan konten marketing ada 3 :

  1. merencanakan
  2. membuat
  3. mempromosikan

planning wordle

kita harus memahami tujuan mengapa kita membuat konten tersebut,

  • apa itu tentang mendatangkan pengunjung
  • atau tentang meningkatkan kepercayaan
  • Dan meningkatkan penjualan

Dari 3 aspek di atas , sebuah website tidak bisa menjalankan semua tujuan tersebut secara bersamaan. kenapa ? karena

 

sebuah konten yang ingin mendatangkan pembeli sangat berbeda dengan konten yang berisi tentang penjualan.

Terkadang  ada konten yang sangat menggebu-gebu ingin menjual semua barangnya. Namun apa yang terjadi?

Websitenya sepi pengunjung. Itu buruk sekali

Mengenali target pasar anda

Taukah anda jika orang memiliki masalah , mereka akan mencarinya di search engine!!

ya, betul. Orang akan mencari informasi terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu.

Sebagai contoh = ” Bagus sedang memiliki masalah yaitu jerawat , yang di lakukan bagus adalah mencari informasi di internet obat apa yang manjur untuk menghilangkan jerawatnya” Nah dari contoh tersebut kita mengetahui target pasar kita .

intinya kita harus focus pada permasalahan mereka.

 

Merencanakan

Ok kita bahas simple saja dengan contoh:

ingat urutanya”    Pengenalan >>>>> Branding>>>>>> Penjualan

misal saya adalah pengusaha Alat kebugaran dan bagus adalah target kita

  • pengenalan : ” mengenalkan 5 cara menjadi sixpact dalam 2 bulan”
  • Pengenalan : ” info 3 artis yang bertubuh atletis dengan olahraga rutin di rumah”
  • Branding  : ” cara menggunakan alat kebugaran di rumah “
  • Branding : ” Merencanakan budget olahraga dirumah tanpa pergi ke GYM”
  • Penjualan : ” Menawarkan alat kebugaran yang murah “

Tipe-tipe Konten

Ini tipe-tipe konten:

  • eBook
  • Action list/lembar kerja
  • Tool (biasanya berupa program/app)
  • Template
  • Studi kasus/analisa
  • Infografis
  • Slide presentasi
  • Video
  • Webinar
  • Artikel blog
  • Post di social media

Umumnya, konten pengenalan itu artikel, video, dan social media.

Ukur Kekuatan konten

Bagaimana cara supaya anda bisa mengetahui performa konten anda? Bagaimana anda bisa memperbaiki performa yang kurang baik? Dengan menggunakan alat ukur untuk mendapatkan angka-angka yang berpengaruh.

Yang termudah dan gratis yaitu Google Analytics.

Sekarang kita sudah mengusai tentang perencanaan konten marketing , saatnya eksekusi.

 

Advertisements