social-media-marketing-agencyIni pengalaman saya,

membuat akun , upload gambar , membuat iklan semenarik mungkin, membuat kata2 manis untuk menarik pembeli.

ada hasilnya ? ada namun sedikit. itu saja tidak cukup bro !!

AKHIRNYA

pada waktu saya mengikuti komunitas  OMG ( online marketing Group) , saya menemukan rahasia kenapa ada yang gagal / yang berhasil bermain sosial marketing .

para pengguna di sosial media ada beberapa tipe menurut saya.

  • pengguna normal ( posting, like, commend, upload ,dll)
  • pengguna alay ( upload2 foto kerjanya)
  • pengguna like artist ( pengguna yang hanya mencari teman sebanyak2nya)
  • pengguna silent rider ( sukanya baca2 artikel, baca post, tidak pernah update statusnya)

Intinya kita menerbitkan suatu iklan harus mengetahui siapa target kita.

Inilah point penting untuk memanfaatkan social media marketing:

#1. Focus 1 social media saja

Kenapa? selain kita rugi waktu, rugi materi, rugi tenaga, dan rugi ilmu tentunya. Namun jika kita mempunyai kemampuan tersebut kenapa tidak!.  Mungkin anda akan di tempatkan di banyak pilihan:

  • Facebook > Jenis konten di Facebook lebih beragam. Ada banyak pilihan mulai dari sekedar teks, gambar, video, dan link. Kalau anda memanfaatkan Facebook, ada baiknya anda tidak fokus hanya di salah satu jenis. (Usia pengguna FB beragam)Facebook_logo-7
  • Twitter > Cocok jika target anda usia muda . Pengguna Twitter Indonesia lebih tertarik dengan konten-konten singkat dan bersifat santai. Dan banyak pula pengguna Twitter yang lebih suka dengan link ke website. (usia pengguna twitter jarang di atas 35 thn)twitter-logo
  • Instagram > Cocok jika yang anda pasarkan bisa disajikan dalam foto yang indah. Instagram mudah untuk dikelola bersama Facebook atau Twitter. ( Pengguna di atas 45 thn hampir tidak ada)Multi-Color_Logo_thumbnail200
  • Google+ > Jika anda mempunyai konten di website dan ingin mendapatkan peringkat tinggi di Google sangat cocok menggunakan  google +.Logo Google_Plus
  • LinkedIn > Cocok Kalau target pasar anda adalah bisnis, bukan perorangan. Ini karena LinkedIn dipenuhi oleh para profesional dan pemilik bisnis.LinkedIn_Logo.svg

#2. Tentukan Kepribadian anda

Penting ?

Menurut saya, “iya”. Jika anda mengikuti beberapa akun brand di social media, akan pasti sadar bahwa kepribadian dari akun-akun tersebut berbeda.

Jangan sampai salah penempatan kepribadian. Perhatikan:

  • Mana yang mencerminkan bisnis anda
  • Mana yang tepat untuk audiens anda

Lihat juga usia target pasar anda, jangan sampai menggunakan bahasa yang tidak di mengerti kalangan orang. Karena di Indonesia kita punya bahasa baku dan bahasa pergaulan. Pastikan anda memilih yang tepat, dan gunakan secara konsisten.

#3. Strategi konten untuk social media

Tanpa memiliki konten yang menarik, semua hal yang anda lakukan di social media akan percuma.

Kesuksesan dalam social media marketing ditentukan oleh 3 hal:

  1. Kualitas konten
  2. Pemilihan waktu posting
  3. Frekuensi posting

Sekedar tips :

  • 35% pengguna Twitter lebih suka Photo url. mengalahkan postingan biasa.
  • 18% Pengguna Facebook lebih menyukai Link.mengalahkan foto, video dan text biasa.

#4. Frekuensi  dan waktu posting

Inilah Waktu yang cocok untuk masing-masing social media versi (bufferapp):

  • Facebook: maksimal 2x sehari dan 5-10x seminggu
  • Twitter: 5x sehari atau lebih
  • LinkedIn: 1x per hari dan 20x per bulan
  • Google+: maksimal 3x sehari
  • Pinterest: 5x sehari atau lebih
  • Instagram: 1-2x sehari atau lebih

 

 

Advertisements