pola pikir copywriter

Pola fikir Copywriter

Banyak tehnik yang dapat di pelajari jika ingin menjadi copywriter. Namun yang terpenting dan harus di tanam pada pikiran kita adalah Mindset seorang copywriter. Anda tidak bisa membuat tulisan yang menjual tanpa memahami hal tersebut.

Dan inilah mindset Copywriter:

#1. Copywriting bukan hanya sekedar menulis.

Anda harus bisa memasuki alam bawah sadar pembaca ” Mempunyai kemampuan menarik minat pembaca”

#2.  Anda bekerja sendiri dan tak ada yang peduli dengan anda.

Tidak ada yang peduli dengan masalah yang anda hadapi, namun pola fikir ini adalah bagaimana anda harus bisa memiliki empati yang tinggi , dapat mengetahui apa yang pembaca inginkan.

#3. Bekerja dengan ikhlas.

Tidak peduli apakah yang membaca tulisan anda hanya 1 orang saja. Ini salah satu cara untuk membuat mereka peduli dengan copy anda.

Jangan mengejar penjualan kepada semua kalangan

Fokuskan penjualan anda pada 1 target Persona ( rata-rata pembeli yang ideal)

Tentukan target anda siapa( Persona) kemudian analisa

  • usianya berapa ?
  • Lelaki atau perempuan ?
  • sudah menikah apa belum ?
  • kerja dimana?
  • Hobinya apa?
  • masalahnya apa ?
  • apa yang diinginkan ?

#4. Bahasa anda jangan KAKU.

Gunakan bahasa yang mudah di mengerti dan ringan.

Jangan seperti dosen yang menerangkan dengan bahasa ilmiah yang bisa membuat mahasiswanya mengantuk :D.

seorang copywriter harus bisa membuat tulisan yang seperti berbicara langsung kepada orang lain.

Gunakan bahasa sehari-hari yang sering mereka gunakan di antara kalangannya sendiri ketika mengeluhkan sesuatu terkait fungsi produk anda.

Dari 4 midset di atas kita dapat menyimpulkan beberapa point.

4 kesalahan paling mendasar dalam copywriting:

  1. Tidak memikirkan apa yang terjadi di pikiran orang lain ketika membaca tulisan anda
  2. Terlalu fokus dengan diri sendiri
  3. Berbicara ke orang yang salah
  4. Membosankan dan sulit dimengerti

Demikian pembahasan dari saya, semoga bermanfaat.

 

 

Advertisements