Apa itu pengertian domain? atau pengertian hosting?

Tentu, kita sering mendengar istilah domain dan hosting ini di internet dan dunia blogging. Kita juga sering bingung, sebagai orang awam kita wajib mengetahui hal ini.

Singkatnya, pengertian domain adalah sebuah nama atau alamat yang dipakai untuk mengunjungi suatu website. Misalnya google.com. Sedangkan pengertian hosting adalah tempat dimana website dan domain tersbut tinggal.

Cara kerja domain dan hosting memang meniru perumpamaan di atas. Dimana setiap domain akan menjadi sebuah alamat dari sebuah website dan website tinggal di dalam web hosting.

Domain ada beberapa jenis, saya menggolongkannya menjadi TLD dan Free domain. TLD adalah kependekan dari Top Level Domain. Sedangkan free domain adalah domain yang bebas kita peroleh, tanpa mengeluarkan biaya, seperti wordpress dan blogger.

domain-hosting-blog

Berbagai Jenis Hosting

Perlu diketahui, ada beberapa jenis hosting dipenyedia layanan hosting. Berikut keterangan pendek tentang macam-macam hosting tersebut:

  • Free Hosting Service: Hosting tanpa biaya sepeser pun tetapi, support dan fitur yang diberikan sangat minim, kadang-kadang terdapat iklan.
  • Shared Hosting Service: Lebih baik dari Free Hosting Service, shared hosting relatif lebih stabil dan pelayanan yang diberikan lebih baik. Di sini website kita disimpan di CPU yang dipakai bersama dengan website lainnya, tetapi stabilitas website akan terjaga. Kelemahannya adalah ketika pengunjung mencapai batas resource penggunaan CPU, website kita akan down.
  • Dedicated Hosting Service: Yang ini hampir tidak mempunyai kelemahan, hanya saja biaya yang dikeluarkan relatif mahal. Di sini kita memakai full satu server untuk website kita sendiri. Semua bisa kita kontrol, termasuk install ulang server kita, konfig sana sini dan layanan super cepat dari Support Hosting.
  • Cloud Hosting Services: Kalau ini lebih powerfull lagi, jenis server ini masih sulit untuk ditemukan. Intinya jika satu server down, maka server yang lain akan menghendelnya atau backup dari server yang down. Untuk harga saya tidak bisa menyebutkan, tetapi kebanyakan dihitung bukan per bulan, tetapi per jam. BAYANGKAN SENDIRI kemampuanya.
Advertisements