Apa itu Email marketing?

Apa itu email marketing

Email marketing adalah Pemasaran yang digunakan para Pebisnis Online menggunakan Email atau surat elekronik. Sering juga disebut Newsletter.

Di Amerika dan negara-negara maju lainya, menjual atau melakukan penawaran menggunakan email sudah sangat biasa. Alasanya dikarenakan mereka sudah memahami betul-betul fungsi email.

Hal itu berbeda dengan di negara kita ini, berjualan menggunakan email belum begitu populer. Namun jika kita menggunakan ilmu email marketing dengan baik , kita bisa mendapatkan manfaat yang besar ( Jualan kita ramai ) :P.

Berikut adalah keunggulan menggunakan email:

Pertama: Email bersifat rahasia, dan tidak ada satu alamat email pun yang sama. Selain itu, Vendor penyedia jasa layanan email gratis juga sangat banyak diantaranya yang terkenal  Yahoo, Gmail, Hotmail dan masih banyak lagi.

Kedua: Dengan Email kita bisa berkirim pesan teks dan gambar bahkan sebuah File Foto atau Video dengan ukuran tertentu. Hal ini menjadikan Email begitu memiliki peran yang sangat baik dalam penyampaian informasi. Dengan pengiriman file-file yang dibutuhkan tersebut, maka tidak perlu mengirimkan HARD COPY untuk sebuah File yang sangat dibutuhkan.

Ketiga: Informasi yang disampaikan SANGAT CEPAT tidak perlu menunggu lama hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Cukup beberapa detik saja, maka informasi yang dikirimkan seseorang bisa langsung sampai. Inilah keunggulan email dari surat biasa.

Dengan email marketing kita bisa mengkombinasikan tulisan dan gambar serta warna-warna yang menarik, sehingga orang yang membacanya suka dan tertarik dengan penawaran yang kita buat.

Tujuan dari email marketing adalah memberikan penawaran yang begitu menariknya secara personal, sehingga penawaran tersebut terlihat SANGAT EKSLUSIF sehingga orang tidaka akan bisa menolaknya.

Saya menyarankan untuk menggunakan Mailchimp. Salah satu yang populer sampai saat ini, keunggulanya adalah ringan digunakan dan harganya yang cukup murah hanya $10 per Bulan. Selain itu ada masa Trial/Percobaan selama 30Hari yang membuat kita bisa mencobanya dahulu, dan mengakses semua fitur yang ada.

Kapan waktu yang tepat mengirimkan email marketing?

Hasil riset yang telah dilakukan mailchimp (penyedia layanan email marketing yang didirikan pada tahun 2001. Dan kini telah memiliki lebih dari 7 juta pengguna yang secara kolektif mengirim lebih dari 10 miliar email melalui layanannya di setiap bulan) guna mengenai waktu hits bagi subscriber membaca email penawaran kita.

apa itu email marketing

Hasil riset menunjukkan bahwa para subcriber melakukan aktifitasnya diatas pukul 12.00 dan waktu paling aktif subscriber membaca email adalah pukul 14.00 – 17.00.

Kesimpulan dari point ini adalah , kirim email anda paling tidak 1 hari sekali atau 2 hari sekali. Lihat waktu yang tepat untuk mengirimkan email marketing.

Polanya seperti ini

  • Hari ke 1: Konten ( info)
  • Hari ke 2: Konten ( info)
  • Hari ke 3: Konten ( info)
  • Hari ke 4: Konten ( info)
  • Hari ke 5: Konten ( info)
  • Hari ke 6: Penawaran Produk ringan
  • Hari ke 7: Konten ( info)
  • Hari ke 8: Penawaran produk utama

Bagaimana membuat subyek email yang menarik perhatian pembaca?

Yang satu ini butuh keahlian khusus, bagaimana menyusun kalimat pendek yang bisa menarik perhatian pembaca, dan membuatnya membuka email. Kalimat yang berbeda dengan kebanyakan email marketing lain akan membuat email kita berpotensi dibuka dan direspons. Baca disini ilmu copy writing.

  • Buatlah Email yang Informatif
  • Mengandung Ajakan Untuk action
  • Beri Sentuhan Personal (sertakan nama pembaca)
  • Buat Subjek yang Menarik Perhatian
  • Hindari Kata-kata yang Tergolong Spam :Ada setidaknya 100 kata yang tergolong spam, semua dalam bahasa Inggris, misalnya ‘Best Price’, ‘$$$’, ‘Money’, ‘Extra Income’, ‘Visit Our Website’, ‘Financial Freedom’, ‘Great Offer’, dan sejenisnya.
  • Pastikan Bisa Diakses Secara Mobile.

Apa yang diberikan dalam email marketing?

Apa sih yang kita masukkan dalam Newsletter? Mungkin saya akan menjawab penawaran, bisa juga info. Tetapi ingat dalam newsletter porsinya harus dibagi. seperti pola di atas tadi.

  • Info harus bermanfaat bagi pembaca dan tidak mengganggu
  • Penawaran, jika info anda menarik dan anda sudah menggiring pembaca menuju penawaran maka pembaca tidak akan menolak penawaran anda

Apa tujuan mengirimkan email secara berkala?

Bayangkan jika anda menjadi pembaca, suatu hari tanpa ada pemberitahuan anda di tawarkan sebuah produk dan dianjurkan membelinya. Pasti di benak anda adalah

  • Ini produk apa ?
  • Buat apa saya beli ?
  • Untungnya apa untuk saya?
  • Kamu siapa ?
    😛

Sekarang sudah mengerti kan tujuannya?

intinya seperti ini, kita menawarkan produk harus memberikan info yang jelas tentang  Manfaat, keunggulan produk, dan lain-lain.

Prinsip dalam pemasaran adalah :
~ Membangun Kepercayaan
~ Membangun Kebutuhan
~ Menghilangkan Kekhawatiran

Jika semua aspek di atas sudah anda kuasai, berarti anda siap untuk menjalankan “apa itu email marketing?”

Advertisements