Kenapa anda pindah ke hosting baru ?

mungkin anda ingin pindah hosting atau mencari hosting baru yang lebih baik, lebih murah ataupun lebih lengka.

Saya dapat menyimpulkan 2 cara untuk memindahkan website ke hosting baru.

Cara memindahkan website yang tidak memakai database:

  1. Mencari layanan hosting baru yang lebih baik dan membeli paket hosting.
  2. Backup dan download website di hosting sebelumnya.
  3. Upload data tersebut di hosting baru. Anda dapat memeriksanya apakah dapat berjalan dengan mengetikkan IP hosting baru.
  4. Login ke cpanel domain anda dan ganti nameservernya mengarah pada NS yang diberikan hosting baru. Pastekan 2 NS dari hosting yang baru. Biasanya nameserver akan terupdate sampai 1x24jam, setelah NS selesai beroprasi maka secara otomatis website anda akan mengambil data dari hosting yang baru.
  5. Menutup hosting lama setelah nameserver diperbarui. Untuk memastikan bahwa yang ditampilkan andalah dari hosting yang baru anda dapat menambahkan sedikit teks pada file index hosting lama Save. Refresh website anda, bila anda tidak melihat teks itu maka berarti domain anda telah mengarah pada hosting baru dan anda dapat membatalkan account lama anda.

Cara memindahkan website yang menggunakan database:

Jika website anda memiliki sebuah database maka anda perlu memastikan bahwa database mempertahankan integritas dan tidak ada data yang hilang saat transfer. Jika website anda memiliki database yang tidak diposting oleh banyak orang maka cara pemindahan dapat dilakukan seperti langkah di atas ditambah dengan backup/export database.

  1. Mencari layanan hosting baru yang lebih baik dan membeli paket hosting
  2. Bila website anda dipergunakan posting oleh banyak user seperti forum, diskusi, idealnya anda harus menutup website sementara sampai update nameserver sehingga integritas database dapt di pertahankan . Ingat sampai situs pindah ke hosting baru, bisa saja ada yang memposting, login, mendaftar, menseting akun dll yaitu menulis data ke database di situs yang ada.
    Gunakan halaman pemberitahuan sebagai index yang menyatakan bahwa” Mohon Maaf, Saat ini Kami Sedang dalam Pemeliharaan Situs. Kami akan segera kembali online.”
  3. Backup dan download file-file website di hosting sebelumnya
  4. Backup/export database.
  5. Upload file-file website anda di hosting baru.
  6. Membuat database dengan nama yang sama dengan database lama anda dan Import database yang telah anda backup dari hosting lama.
  7. Login ke control panel domain anda dan arahkan nameservernya ke NS yang diberikan hosting baru.
  8. Menutup hosting lama setelah nameserver diperbarui.

Atau dengan cara berikut:

#1 Lakukan Backup database di website lama. Masuklah ke akun cPanel kamu. Arahkan perhatian kamu ke menu Files lalu pilih Backup.

#2 Selanjutnya pilihlah database yang akan kamu unduh.

#3 Setelah kamu unduh, kompres data tersebut lalu cari 2 data yang diperlukan (public_html – biasanya ada di folder home dir & database yang berekstensi .sql – ada di folder mysql).

#4 Sekarang masuklah ke hosting baru kamu melalui cPanel.

#5 Selanjutnya klik ikon “MySQL Database Wizard”. Fungsinya untuk membuat database dan username baru.

#6 Selanjutnya beri nama database baru dan klik “Next Step”.

#7 Sekarang buatlah username dan password. Lalu klik “Create User”.

#8 Kita akan diarahkan pada halaman ALL PRIVILIGES. Centang semua pilihannya dan klik ‘next step’. Pada tahap ini kamu sudah memiliki database baru di hosting baru, tapi isinya masih kosong! Jadi, kita harus melakukan impor isi database yang lama.

 

#9 Untuk melakukan impor database yang lama, kembalilah ke halaman utama cPanel, klik ikon “phpMyAdmin” pada menu Databases. Pilih pada nama database yang baru saja kamu buat tadi (lihat sidebar sebelah kiri). Lalu klik ‘impor’.

memindah wordpress ke hosting baru

#10 Ambillah database yang berekstensi .sql, jika sudah selesai maka kamu berhasil merestore database website kamu di tempat hosting baru.

#11 Selanjutnya unggahlah folder public_html yang sebelumnya kamu ekstrak dulu dalam bentuk .zip. (Caranya kembali ke halaman utama cPanel dan pilih menu File Manager)

#12 Upload folder public_html yang sudah kamu kompre dalam bentuk .zip tadi. Klik tombol upload yang berada di menu bagian atas.

 

#13 Kembali ke cPanel lagi. Dengan merubah DB_NAME, DB_USER, dan DB_PASSWORD (sesuaikan dengan yang tahapan yang telah kamu buat pada langkah ke-3 dan 4 di atas) di file config yang ada pada folder public_html. Selanjutnya klik tombol save yang ada di sebelah kiri atas.

memindah wordpress ke hosting baru

Advertisements