Berikut adalah jenis-jenis layanan hosting:

#1. Shared hostingshared-hosting

adalah layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama. Keuntungan shared hosting adalah harganya yang murah, namun kerugiannya adalah tingkat privasi dan performa yang tidak sebaik hosting dedicated.

#2. VPS vps-copy

adalah sebuah server yang dibagi menjadi beberapa VM (Virtual Machines), dimana di setiap VM adalah berupa “Virtual server” yang dapat di install system operasi tersendiri. Kelebihan VPS dibanding shared hosting adalah, dengan VPS anda mendapatkan resource yang lebih pasti, baik CPU, Memory, maupun spacenya. Sehingga tidak terganggu jika ada problem pada website tetangga anda (yg dalam 1 server). Juga mendapatkan root akses sehingga lebih leluasa dalam mengkustomasi server sesuai kebutuhan anda.

#3. Dedicated hostingServicios-de-hosting-gratis

adalah layanan hosting di mana sebuah server yang dipakai oleh 1 account (atau 1 website, 1 klien) saja. Keuntungannya adalah performa dan privasi yang lebih baik, karena server tidak dipakai oleh pihak ketiga. Kerugiannya adalah harga yang lebih mahal. Terdiri dari Colocation (di mana mesin disediakan oleh klien sendiri dan ditaruh di data center penyedia hosting) dan Dedicated Server (di mana mesin disediakan oleh pihak penyedia hosting).

#4. Colocationimg_ServerColocation

Colocation server adalah server yang dititipkan ke suatu tempat yang aman untuk menyimpan server yang memiliki standar dan keamanan penyimpanan server yang memadai. Biasanya tempat untuk menyimpan server tersebut bernama data center atau colocation. Alasan menyimpan server di data center adalah untuk menghindari berbagai hal yang mungkin akan menjadi penghambat dan penghalang eksistensi data yang tersimpan dalam sever akibat dari tidak stabilnya arus listrik yang menyuplai server, kurang stabilnya akses internet serta keamanan yang tinggi.

Advertisements