FileZillaPortable_128FileZilla atau juga dikenal dengan sebutan FileZilla Client, adalah salah satu software FTP gratis.

Fitur utama dari Filezilla adalah:

  • Site manager (Manajer situs) Mengizinkan pengguna untuk membuat daftar situs FTP beserta data koneksinya, seperti nomor port yang akan digunakan, protokol yang digunakan, dan apakah akan menggunakan log anonim atau normal. Untuk log normal, nama pengguna dan kata sandinya akan disimpan. Penyimpanan kata sandi adalah opsional.
  • Message log (Log pesan) Ditampilkan di bagian atas jendela. Fitur ini menampilkan output berjenis konsol (console-type) yang menunjukkan perintah yang dikirim oleh FileZilla dan respon yang diterima dari server.
  • File and folder view Ditampilkan di bawah pesan log (Message log), menyediakan sebuah tampilan grafis antarmuka untuk FTP. Pengguna dapat menavigasi folder serta melihat dan mengubah isinya pada komputer lokal dan server dengan menggunakan tampilan antarmuka gaya Explorer. Pengguna dapat men-drag dan drop file antara komputer lokal dan server.
  • Transfer queue (Transfer antrian) Ditampilkan di sepanjang bagian bawah jendela, menunjukkan status real-time setiap antrian atau transfer file yang aktif.

Berikut ini langkah-langkah untuk upload file ke hosting dengan menggunakan FileZilla

#Pertama. Anda harus lakukan adalah download FTP client-nya “FileZilla” dapat di download Disini

#Kedua. Kemudian setelah kita klik QuickConnect maka jika semua data yang dimasukan valid maka akan muncul seperti ini tampilannya bagus

keterangan, untuk kolom yang sebelah kiri itu adalah file lokal dalam komputer kita, sedangkan untuk yang kolom sebelah kanan itu adalah semua file yang ada di website kita, semua data kita ada di directory “public_html” silahkan upload ke folder itu jika file yang anda upload ingin bisa di akses oleh orang lain.

Advertisements