cara menganalisa kata kunciKalau anda pernah membuka Google Keyword Planner, pasti melihat kolom bernama “Competition” seperti gambar ini:

Google-Keyword-Planner-competition

Tidak ada hubungannya dengan SEO.

Google Keyword Planner itu alat bantu untuk AdWords. Jadi competition yang dimaksud di sini adalah tingkat kesulitan dari iklan AdWords. High menunjukkan dalam kata kunci tersebut banyak iklannya, sedangkan low berarti sedikit atau tidak ada iklan.

Jangan gunakan sebagai patokan untuk SEO

#Install MozBar atau SEOQuakeseoquake

Setelah install buka dan ini penjelasanya

#Lihat angka PR / PA/DAAnalisa-PR-PA-dan-DA

  • PageRank atau PR adalah angka dari 0-10 yang menunjukkan seberapa tinggi reputasi website tersebut menurut algoritma yang dibuat secara resmi oleh Google. N/A menunjukkan website tersebut belum punya PageRank.
  • PA (Page Authority) adalah angka yang dibuat oleh Moz dari 0-100 yang menunjukkan seberapa tinggi reputasi sebuah halaman website. Bukan angka resmi dari Google, tapi algoritmanya dibuat supaya mendekati.
  • DA (Domain Authority) mirip dengan PA tapi untuk keseluruhan domainnya. Bukan per halaman.

Jadi semakin tinggi PR, PA, dan DA, semakin sulit persaingannya

#Lihat jumlah dan kualitas backlinkAnalisa-jumlah-dan-kualitas-backlink

semakin banyak backlink berarti semakin sulit persaingannya.

#Lihat judul dan topik kontennya

Judul dan topik harus sesuai atau relevan. Sebagai mesin pencari, Google pasti ingin menampilkan hasil yang pas. Tapi ada juga keyword yang belum tersedia konten yang relevan.

Jadi intinya kita harus teliti dalam melihat peluang di mesin pencari.

#Lihat langsung kualitas konten dan websitenya

Sebetulnya, ini cara yang paling mudah dan akurat.

Untuk mengetahui kualitas sebuah website dan kontennya, kunjungi masing-masing yang ada di halaman pertama.

Kalau ternyata tidak bagus, berarti mudah untuk mengalahkanya.

Kalau anda merasa mampu membuat konten yang lebih bagus daripada mereka, berarti keyword ini mudah. Kalau anda tidak bisa, berarti susah.

Advertisements