Search intent lebih mengarah pada pemahaman, yaitu maksud atau tujuan pencarian yang di lakukakan. Kategori search intent dibagi menjadi 4:search-intent

#1. Search intent  Informational

Sama seperti namanya. Informasi, maksudnya orang yang mengetikkan pencarian informasi contoh: “manfaat internet”  oleh sebab itu kontent kita harus berisi tentang informasi yang dibutuhkan.

#2.Search intent Navigational

Banyak di gunakan tapi tidak ada manfaatnya. maksudnya seperti ini. Saat orang mengetikan keyword khusus maka langsung muncul di mesin pencari contoh:

  1. toko pedia
  2. login facebook
  3. olx
  4. dll

Seseorang mengetikan keyword diatas otomatis mesin pencari akan menampilkan situs nya langsung, jadi istilahnya numpang lewat di google. Dan situs lain tidak akan dikunjungi sama sekali. Apa mungkin kita mau login facebook tapi kita masuk ke tokopedia dulu ? seperti itu maksud saya.

#3. Commercial Investigation

Ketika akan membeli suatu produk, apalagi yang harganya tinggi, biasanya kita tidak langsung beli begitu saja. Kita akan search dulu di Google. Kita akan mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk meyakinkan kita.

Itu yang di maksud search intent Commercial Investigation. Kalau anda ingin menjual produk/jasa, cari sebanyak-banyaknya keyword commercial investigation yang berhubungan dengan bisnis anda.

#4. Search intent  Transactional

Transaksi, artinya pertukaran artinya membeli. Ini tingkatan paling tinggi. Orang yang melakukan pencarian di Google menggunakan keyword transactional berarti sudah siap membeli suatu produk/jasa.

contoh: Beli Hp samsung , Beli Laptop Dell, dll

persaingan keyword seperti ini sangat berat. Apalagi kalau anda menjual produk-produk yang populer. Biasanya sudah ada situs ecommerce raksasa seperti Lazada, MatahariMall, Zalora, dll.

Kita sudah mengetahui semua jenis search intent.

Sebaiknya pakai yang mana untuk kontent kita ?

Pakai semuanya. Pas komposisinya, jangan berlebihan.

Yang terpenting, perhatikan 2 hal ini:

  • Jangan buat terlalu banyak konten dengan kata kunci transactional. Fokus ke kualitas, bukan kuantitas
  • Keyword informational harus masih berhubungan dengan jenis produk yang dijual
Advertisements