Tahapan Mencari Keyword yang Tepat dengan Menggunakan Google Keyword Planner dan Tool Lainnya

keyword-research1

Apa sih untungnya mencari keyword yang tepat ? kita sebagai pelaku bisni menginginkan situs kita ramai, Bukan hanya untuk mendapatkan pengunjung, melainkan supaya kita mendapatkan pengunjung yang tepat sasaran. Yang bersedia membeli dan menggunakan produk/jasa yang kita tawarkan.

memanfaatkan Keyword planner dari google adwords saja kurang , karena Google Keyword Planner itu bukan tool untuk riset kata kunci, melainkan untuk pengguna Google AdWords (layanan iklan PPC Google).

1# Kembangkan ide dari keyword utama

Brainstorming-keyword-tiket-pesawat

Lihat contoh di atas. kolom informational berbeda dengan tiket pesawat tetapi masih ada hubunganya.. Ketika ada yang mengunjungi website anda melalui keyword informational, mereka mungkin tidak akan langsung membeli. Tapi lain kali saat mereka butuh, mereka akan datang kepada anda.

Maka dari itu, keyword informational berguna untuk mendapatkan pembeli dalam jangka panjang.

2#. Gali keyword tambahan di KeywordTool.io

KeywordTool.io adalah tool yang berfungsi untuk mendapatkan keyword turunan dari keyword utama yang anda masukkan berdasarkan Google Suggest. Tool ini yang secara otomatis melakukan pencarian berulang-ulang kali untuk anda.

cara penggunaanya sangat mudah.

  1. Atur negara dan bahasanya.KeywordToolio
  2. Setelah itu tekan tombol cariHasil-pencarian-di-KeywordToolio
  3. Lihat hasilnya selanjutnya, klik tombol “Copy All” di kanan atas. Kemudian paste (CTRL + V) di notepad, Excel, atau yang lainnya terserah anda.

3#. Dapatkan volume pencarian di Google Keyword Planner

Langsung saja meluncur ke google keyword planner

  • klik volume data and trendsgkp
  • Paste keyword yang sudah anda copy tadi. Jangan lupa ubah negara dan bahasa.Paste-keyword-dari-KeywordToolio-ke-GKP
  • Klik tombol “Get search volume”.Anda akan diperlihatkan volume pencarian per bulan untuk tiap keyword.Setelah itu, download dalam bentuk Excel CSV atau simpan ke Google Drive kalau anda menggunakan Google Sheets.

Demikian penjelasan saya tentang Mencari keyword yang tepat. Untuk tool pendukung lainya akan saya tambahkan pada postingan selanjutnya. semoga bermanfaat.

Advertisements