Web

Banyak orang mengeluh bahwa mereka merasa kontentnya sudah berkualitas, berbobot, dan bermanfaat. Namun masih sedikit trafic nya.

Taukah anda Konten berkualitas TIDAK hanya:

  1. Original, bukan copas
  2. Panjangnya __ kata
  3. Tata bahasanya tidak salah

Inilah konten berkualitas:

  • Manfaatnya paling tinggi dibandingkan konten lain
  • Kredibel, ada link kutipan menuju data atau fakta yang terpercaya
  • Penyajiannya tidak membosankan
  • Bernilai bagi pembacanya

Mereka yang berhasil adalah orang yang menerapkan SEO dan Content Marketing dengan baik.

Metode KTP untuk membuat konten berkualitas

Metode ini merupakan cara termudah untuk merencanakan, menyusun, dan mempromosikan konten berkualitas. Metode ini cocok untuk para pemula ( newbie) agar bisa membuat konten yang berkualitas.

Ada 3 hal utama yang akan kita lakukan:

  1. Kumpulkan konten-konten terbaik
  2. Tingkatkan materinya
  3. Promosikan ke orang yang tepat

Kita akan jabarkan satu persatu:

#1. Kumpulkan konten-konten terbaik

Anda mungkin pernah menjumpai topik yang sama dengan ide yang akan anda tulis pada konten, Maka dari itu kita membutuhkan analisa dari banyak konten terbaik dan dikumpulkan jadi satu makan terciptalah ide konten terbaik dari yang terbaik.

Ada beberapa alat bantu dan media yang bisa digunakan untuk mengumpulkan konten terbaik:

  1. BuzzSumo: tool ini berguna untuk mencari artikel-artikel terpopuler dari kata kunci yang kita masukkan.
  2. Topsy: mencari tweet terpopuler dari Twitter dengan kata kunci tertentu.
  3. Forum: untuk mencari konten dalam forum dengan kata kunci tertentu melalui Google, gunakan “[keyword] forum” tanpa tanda petik dan ganti keyword dengan topik anda.
  4. Social bookmarking: gunakan lintas.me atau VivaLog untuk bahasa Indonesia dan Reddit untuk bahasa Inggris.
  5. Google: selain mencari forum, gunakan Google juga untuk langsung mencari artikel.

Tips dari saya,

Kumpulkan minimal 5 artikel dari mesin pencari, analisa keunggulan dan kelemahan maka anda akan mengetahui apa yang tidak ada dalam kontent-konten mereka.

#2. Tingkatkan materi konten-konten tersebut

Tambahkan materi . Semua konten yang anda tulis dan terbitkan mulai saat ini harus jadi lebih baik daripada semua konten yang sudah ada. Artinya jika konten 1 membahas ABC maka konten ke 2 anda harus membahas ABCD.

Caranya bagimana?

Dengan metode KTP ini kita akan dipermudah. Jika anda mempunyai konten ABC maka anda tambah isi materinya ( ingat, Bukan hanya tulisan yang harus di tambahkan) Analisa konten-konten lawan anda

  • Konten si A membahas ACD
  • Konten si B membahas ABD
  • Konten si C membahas BCD

Maka yang anda lakukan adalah membuat konten yang mencakup semua materi menjadi ABCD.

Update yang sudah Expired. Jika anda mempunyai konten berbentuk panduan, maka anda wajib update konten tersebut secara berkala , Contoh : ” artikel tutorial Photoshop, karena tampilan versinya dan tampilan sekarang dengan dulu berbeda anda bisa membuat tutorial dengan versi yang lebih baru”

Gunakan gambar (atau video dan audio). Dengan menggunakan gambar yang ‘indah’ maka orang yang membaca jadi akan lebih mungkin untuk men-share konten anda. Jadi meskipun konten berupa artikel, wajib berisi gambar. Gambar bisa juga sekalian membuat infografis. Bisa juga dengan video atau audio.

Pemakaian Gaya bahasa yang lebih baik. Banyak yang menyalahkan pembaca dengan sebutan ” Minat Membaca yang rendah”. Jangan salahkan mereka, salahkan diri anda sendiri karena itu salah anda. Loh kenapa? karena si penulis tidak mampu membuat bacaan yang menarik

#3. Promosikan ke orang yang tepat

Saatnya kita berubah. Setelah susah-susah kita membuat konten yang berkualitas kita tidak mempromosikanya atau salah mempromosikanya. Nah itu adalah hal yang sangat parah menurut saya.

Promosi lebih penting daripada pembuatan

Lantas dimanakah saya harus berpromosi ?

Disini tempatnya:

  • Situs komunitas : Kita besosialisasi dengan baik disana ( Jangan SPAM). rumusnya seperti ini Bantu-bantu-bantu-promosi
  • Hubungi para influencer

    • Blogger
    • Seleb Twitter/Facebook
    • Jurnalis online
    • Member forum yang jadi ‘idola’
  • Hubungi linker dan sharer

    Linker adalah orang-orang yang mampu memasang link ke website lain. Bagaimana mencari linker? caranya seperti ini. Cari konten serupa di search engine, cari yang paling populer . Kemudian copy salah satu konten yang sudah anda kumpulkan tadi.

    Paste di Open Site Explorer (atau Ahrefs). maka akan tampil  linker yang sudah pernah mempromosikan konten sejenis dengan anda. Langkah terakhir adalah anda mengubungi mereka.

    Sharer adalah Orang yang membagikan konten ke social media. Caranya mirip, bedanya tool yang kita gunakan yaitu BuzzSumo. BuzzSumo-view-sharersSetelah memasukkan link yang anda simpan tadi, klik ‘View Sharers’.

Advertisements