kerangka bisnis digitalBanyak orang awam bingung apa sih digital marketing itu?

Digital adalah tools (alat bantu) untuk membantu tujuan anda tercapai. Jadi digital marketing adalah pemasaran produk atau jasa yang menggunakan alat bantu untuk mempercepat tujuan anda tercapai.

Kesuksesan anda 85% adalah dari personality anda. cara berbicara , negosiasi, dan kepemimpinan.

Baca selengkapnya kerangka bisnis digital

Bagaimana membangun sebuah bisnis yang maju?

Business-Model-Canvas

Yang harus anda fahami adalah:

  1. customer : Siapa saja target market anda. Mereka datang Kepada anda untuk mencari solusi dan tugas anda adalah menawarkan solusi .
  2. Channels : Tempat anda deliver produk/jasa melalui website, toko offline, dll.
  3. Customer relationships : Harus terjadi hubungan saling menguntungkan ( bagaimana anda memaintanance customer)
  4. Revenue : Memikirkan profit yang akan anda dapatkan dari mana saja.
  5. Value proposition : Analisa keuntungan (benefit) yang anda tawarkan
  6. Key resources : Aset apa saja yang anda miliki
  7. Key activity : kegiatan apa saja yang anda lakukan agar bisnis anda berjalan, buat daftar harian.
  8. Key partner : Analisa Partner dari luar ( supplier, reseller, dll)
  9. cost : Mengatur semua biaya harus anda keluarkan , buatkan list

Semua point di atas harus anda analisa dan kerjaka, buatkan list/daftar.

Meningkatkan bisnis yang kita kelola adalah impian dari setiap pelaku bisnis. Namun hal itu tidak akan bisa tercapai jika kita hanya passive.

Lalu, apa yang harus saya lakukan?

Lakukan Increase pada 3 pilar utama bisnis anda.

Meningkatkan bisnis anda 3 cara

  • meningkatkan trafic: Menambahkan jumlah Pengunjung yang datang ke website anda.
  • Meningkatkan frekuensi : Meningkatkan Pengunjung Untuk re-order / membeli produk anda lagi.
  • Meningkatkan volume: Bagaimana meningkatkan  pengunjung untuk membeli banyak produk (kuantitas) .

Membangun sebuah bisnis online perlu pemikiran yang khusus, jangan asal membangun saja karena akan berdampak pada isi bisnis anda. Jika isi anda berantakan maka pengunjung enggan pergi ke tempat anda.

Dalam bisnis online pengunjung harus mengerti apa saja yang anda jual (Beri navigasi). Tugas anda harus membawa pengunjung dari produk satu ke produk lain.

Pentingnya Upselling

Upselling adalah cara mudah untuk meningkatkan keuntungan segera. bisnis digital

Apakah Upselling itu ? Secara singkat dapat diartikan seperti ini  “sebuah usaha yang dilakukan penjual untuk meyakinkan pembeli agar memilih atau menambah pembelian produk yang lebih baik atau lebih mahal yang menghasilkan keuntungan lebih banyak”.
Ibaratnya seorang konsumen membeli FriedChicken, maka pelayan dapat menyarankan untuk upgrade ke Fried chicken premium atau mungkin menambahkan menu samping Fries potato & soft drink.

Setelah kita mengetahui upselling kita harus mengtahui pola bisnis kita.

Atrach interest: Gerbang untuk mendapatkan trafic anda.

Capture data base: Tempat anda mendapatkan data mereka (WA, Line, email list BBM)

Navigasi konsumen: Anda harus mengajarkan ke konsumen, produk apa saja yang anda miliki. Konsumen cenderung tidak mau tahu . Jika mereka tidak mengetahui apa saja produk anda maka mereka akan pergi.

convert sales: Penjualan produk anda. pengunjung tidak akan langsung membeli produk anda. Harus ada proses untuk memahami prduk anda.

Deliver & Satisfy : Memberi Kepuasan kepada pelanggan, Biasanya di indonesia , banyak pemesan tetapi tidak bayar. Jadi kita harus yang mengejar-ngejar mereka.

Upsell : meyakinkan pembeli agar memilih atau menambah pembelian produk yang lebih baik.

Get reveral: Ajak banyak partner dan berikan komisi kepada mereka.

 

Mindset seorang bisnis Marketer

Inilah yang paling utama dalam menjalankan sebuah bisnis online. Jika Anda membangun bisnis online profit yang anda inginkan berapa?  Rencanakan Goal anda itu apa? entah itu uang atau popularitas.

Sebelum anda membuat kerangka lebih lengkap ikuti langkah berikut:

#1. Tentukan Niche

  • Niche : misalkan produk (Jamu)
  • Sub niche : Jamu pegal linu
  • Micro niche : Jamu pegal linu untuk manula

Bagaimana mencari niche yang baik ?Find-a-Niche

Jawab pertanyaan berikut

  • apaka di niche anda custemernya sering membeli?
  • Apakah anda bisa memasarkan produk di niche ini?
  • apakah anda menyukai niche ini?

Jika anda sudah menemukan jawabanya, anda akan menemukan niche yang baik untuk anda.

#2. anda harus tahu dengan siapa anda berbicara

Tentukan target anda siapa, Persona ( seseorang di dalam niche anda yang akan membeli produk ) dan analisa

  • usianya berapa ?
  • Lelaki atau perempuan ?
  • sudah menikah apa belum ?
  • masalahnya apa ?
  • apa yang diinginkan ?

#3. Tentukan produk anda apa

Analisa kebutuhan pasar persona anda. Jadikan patokan untuk menyelaraskan produk anda dan kebutuhan pasar audience kita.

Ubah Pola pikir Audience anda

Proses Membawa traffic anda dari biasa menjadi luar biasa. Maksudnya adalah membawa konsumen yang hanya ingin tahu produk anda menjadi harus membeli produk anda.

Berikut ini adalah 5 langkah utama untuk menggiring traffic anda.

#1. lead magnet

Lead magnet itu adalah membawa seseorang untuk maju tapi hanya sedikit, karena lead magnet rata-rata bersifat gratis. Lead magnet bisa disebut juga “suap” pada bisnis online, yang fungsinya adalah meminta data konsumen ( no hp, Email, alamat dll). Baca selengkapnya disini ” Lead magnet”

#2. Tripwire

Penawaran untuk membuat maju lagi ke titik B dengan harga paling murah. Membuat pembaca menjadi pembeli. (reader into buyer). Bangun kepercayaan pembeli anda di point ini, jika anda tidak mampu melakukan trip wire maka anda gagal.

“yang murah saja tidak mau beli, apa lagi yang mahal!”

contoh tripwire adalah software, plug in, webminar dll

#3. Core offer

Membawa pengunjung mencapai goalnya , Menyelesaikan masalah pengunjung. Rata-rata core offer berharga lumayan mahal

#4. Profit maximiser

Tingkatkan profit anda dengan melakukan upsell dan cross sell ( menawarkan barang yang sama).

kerangka bisnis digitalContoh : ” buy 1 get 1” ,”value buckets ( beli detergen gratis piring)

#5. Return path

Anda harus bisa membuat mereka yang membeli produk anda untuk kembali ke website anda.

biasanya melewati email, pop up dll.

Jika anda sudah mengerti dan faham kerangka bisnis , maka mulai lah membangun bisnis anda lebih maju .

Semoga bermanfaat

Advertisements