Aida itu siapa sih ? 😛

AIDA

AIDA adalah singkatan dari:

  1. Attention
  2. Interest
  3. Desire
  4. Action

Formula AIDA

Pengambilan keputusan pembelian adalah suatu proses psikologis yang dilalui oleh Konsumen atau pembeli, prosesnya yang diawali dengan tahap menaruh perhatian (Attention) terhadap barang atau jasa.

kemudian jika berkesan dia akan melangkah ke tahap ketertarikan (Interest) untuk mengetahui lebih jauh tentang keistimewaan produk atau jasa tersebut

Jika intensitas ketertarikannya kuat berlanjut ke tahap berhasrat/berminat (Desire)karena barang atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan-nya.

Jika hasrat dan minatnya begitu kuat baik karena dorongan dari dalam atau rangsangan persuasif dari luar maka konsumen atau pembeli tersebut akan mengambil keputusan membeli (Action) barang atau jasa yang di tawarkan.

1. Attention

Proses Menaruh Perhatian ( Attention) kepada barang / jasa.

Kemudian Point apa yang bisa menarik perhatian calon pembeli ?

Point berikut ini:

  • Judul/headline
  • Gambar
  • Kalimat-kalimat pembuka

Sisipkan elemen berikut pada 3 point di atas:

  1. Berikan apa yang buyer persona anda pedulikan terkait bisnis anda
  2. Sajikan solusi dari permasalahan utama dari buyer persona anda
  3. Buat mereka merasa “cocok nih ama gua“

baca selengkapnya tentang “buyer persona”

2. Interest

Buat calon pembeli berkesan maka dia akan melangkah ke tahap ketertarikan (Interest) untuk mengetahui lebih jauh tentang keistimewaan produk atau jasa tersebut.

Sediakan apa yang mereka butuhkan:

  1. Informasi/fakta tentang topik tersebut
  2. Statistik yang menguatkan
  3. Studi kasus dari beberapa tempat
  4. Kondisi idealnya
  5. Alasan

3. Desire

Jika tahap interest anda kuat maka calon pembeli anda akan memiliki hasrat /minat terhadap apa yang anda tawarkan.

  1. Sebutkan benefits atau manfaat

Jangan sampai salah menyebutkan antara fitur dan manfaat.

fitur ( komponen dan kelengkapan)

contoh:

  • 250 mg Ekstrak teh hijau
  • 2,5 mg Vitamin B6
  • 10 mg L-Carnitine

Manfaat ( kelebihan)

contoh:

  • …diperkaya dengan ekstrak teh hijau serta vitamin B6 yang akan mempercepat metabolisme dan pembakaran lemak meskipun anda sedang duduk di depan komputer

2. Pancing emosi negatif dan memberikan solusi

Merupakan cara yang efektif karena Mereka yang sudah mengikuti tulisan anda sejak tahap attention sampai interest merupakan orang-orang yang punya permasalahan spesifik.

contoh

” Berapa rupiah yang anda keluarkan untuk mengikuti seminar di berbagi tempat, berapa jam waktu anda terbuang percuma, belum lagi anda masih berfikir mau di bawa kemana usaha anda.

Cara singkat untuk belajar menjadi sukses mungkin mustahil.

Untungnya buku ” Sukses dalam 1 minggu” sudah terbukti ampuh untuk memajukan usaha anda. Dengan membaca buku ” Sukses dalam 1 minggu” mimpi anda menjadi kenyataan.”

 4. Action

Tahapan terakhir untuk menentukan calon pembeli untuk membeli produk, mendaftar, membuat akun, mendownload, mengirim email, menelepon dll.

Bagian ini disebut juga CTA (Call to Action)

CTA bisa berupa tombol, nomor telepon, atau alamat email.

Dan disertai harga.. kalau anda menjual sesuatu.

Baca juga ” Membuat halaman CTA dengan baik”