DigitalMarketing_TrendsMembangun bisnis online yang menguntungkan bukan perkara mudah. Ada 5 kriteria yang harus anda penuhi, apa saja kriterianya? berikut adalah 5 kriteria yang harus anda penuhi:

  • Needs, Berapa orang yang membutuhkan produk/ jasa anda
  • Entry, seberapa mudah atau sulit bisnis  anda di masuki oleh kompetitor, maksudnya jika bisnis anda entrynya mudah maka saingan anda akan lebih banyak.

contoh: Anda mempunyai bisnis warnet yang ramai. suatu hari tetangga anda akan membuka warnet dengan harga yang lebih murah.

intinya ” cari bisnis yang tidak mudah ditiru” atau ” anda harus mempunyai secret source (resep rahasia) yang tidak bisa ditiru” entah itu teknologi, resep, metode, dll.

  • Control, cotrol semua bisnis harus anda pegang sendiri, jangan mengandalkan satu media saja, seperti facebook, BBM, WA, dll. contoh: anda membuka toko HP, jual beberapa merek HP dan jangan jual HP dengan satu merek saja untuk menjaga dari resiko.
  • Time, jangan menukar waktu anda dengan uang. karena waktu hanya 24jam / hari
  • Scalable, Bisnis anda harus bisa dibesarkan, bisnis itu tergantung dengan diri anda. Buat sistem yang bisa di kembangkan seperti sistem Mc Donnal atau KFC yang bisa di duplikasi dan di kembangkan.

Jika anda memanfaatkan dunia digital marketing untuk bisnis online, maka anda akan mendapatkan banyak manfaat, seperti:

  • Hemat biaya. Jika anda iklan di facebook untuk mendapatkan pengunjung 1000 orang dibandingkan anda harus menyewa toko, SPG, dll. Murah yang mana?
  • Hemat waktu
  • Hemat Tenaga

#Ketahui Kriteria Konsumen

  • Cold traffic yaitu calon kostumer yang belum mengetahui produk anda
  • Warm traffic yaitu orang sudah mengetahui produk anda tetapi belum pernah membeli produk anda
  • Hot traffic yaitu orang yang sudah membeli produk anda.

#Tahapan Proses marketing

Perhatikan di bawah ini:

digital marketing

Atrach interest: Gerbang untuk mendapatkan trafic anda. (SEO) dengan mengetahui kriteria konsumen.

Capture Leads: Tempat anda mendapatkan data mereka (WA, Line, email list, BBM)

Setelah anda mengumpulkan data base konsumen , maka anda harus mengerti tentang berapa biaya yang harus anda keluarkan untuk mendatangkan calon konsumen dan berapa profit yang anda dapatkan setelah mereka menjadi konsumen anda.

Nurture Prospects: Anda harus mengajarkan ke konsumen, produk apa saja yang anda miliki. Konsumen cenderung tidak mau tahu . Jika mereka tidak mengetahui apa saja produk anda maka mereka akan pergi.

convert sales: Penjualan produk anda. pengunjung tidak akan langsung membeli produk anda. Harus ada proses untuk memahami prduk anda.

Deliver & Satisfy : Memberi Kepuasan kepada pelanggan, Biasanya di indonesia , banyak pemesan tetapi tidak bayar. Jadi kita harus yang mengejar-ngejar mereka.

Upsell : meningkatkan penjualan dengan meyakinkan pembeli agar memilih atau menambah pembelian produk yang lebih baik.

Get reveral: Ajak banyak partner dan berikan komisi kepada mereka.

#Meningkatkan Omset anda 3 cara

  • meningkatkan trafic: Menambahkan jumlah Pengunjung yang datang ke website anda.
  • Meningkatkan frekuensi : Meningkatkan Pengunjung Untuk re-order / membeli produk anda lagi.
  • Meningkatkan volume: Bagaimana meningkatkan  pengunjung untuk membeli banyak produk (kuantitas)

Kenapa Persona itu penting? karena ketika kita membuat sebuah blog , kita tidak harus membuat banyak konten ( bukan Quantity tetapi Quality). Konten harus bisa menjawab pertanyaan persona anda.

#Piramid terbalik ( urutan konten)

digital marketing

TOFU (top of funnel) membuat konten dikhususkan untuk cold Traffic. Bertujuan untuk mendatangkan konsumen.

MOFU (middle of funnel) Membuat konten untuk Warm traffic. Bertujuan untuk orang agar mendaftar atau subscribe.

BOFU (bottom of funnel) Membuat konten untuk Hot traffic. Bertujuan untuk mengajak orang untuk membeli.

Semoga bermanfaat

baca lainya

Advertisements