copywriter-typing-documentsDidalam bisnis online anda mungkin membutuhkan iklan untuk menarik pengunjung untuk berbondong-bondong membeli produk atau jasa anda. Pastikan kalau anda sudah mempunyai bisnis, kemudian baru kita belajar membuat iklan yang baik.

Sebelum memulai menjalankan bisnis online, anda harus mengetahui 3 komponen berikut:

  1. Traffic : Seberapa banyak pengunjung yang mendatangi website atau toko online anda.
  2. Converssion: Seberapa banyak traffic anda yang memutuskan untuk membeli produk atau jasa anda
  3. Relationship: Seberapa hebat anda membangun hubungan dengan data base anda, baik prospek (calon pembeli) ataupun buyers (pembeli).

Setelah mengetahui 3 point di atas, waktunya anda membuat kolam ikan . Maksudnya kolam ikan adalah Data base, dan cara mencarinya tidak sulit.

  1. Kumpulkan alamat email melalui autoresponder: getresponse, mailchimp, dan lain-lain.
  2. Kumpulkan PIN BBM
  3. Kumpulkan Member Facebook di group
  4. Kumpulkan NO Handphone : melalui autoresponder SMS seperti SMS caster

Setelah anda membuat Kolam Ikan , pastikan anda sudah mempunyai umpan untuk meminta data kepada mereka (ikan).

ada 3 Hal yang mungkin mereka akan memberikan data kepada anda:

  1. Ingin belajar . Ingin belajar seperti anda, mereka menganggap anda adalah panutan . Maka berikanlah umpan yang sesuai yaitu Ebook.
  2. Suka dengan topik anda. Mereka mempunyai ketertarikan dengan topik yang anda berikan. Maka berikanlah umpan seperti Newsletter atau Tips-tips dari anda. Otomatis mereka akan memberikan data kepada anda.
  3. Ada Special Offer (penawaran spesial). Mereka tertarik dengan penawaran anda, seperti diskon , kupon, Webminar Gratis, dan lain-lain.

Itu semua yang disebut lead magnet

Baca selengkapnya tentang lead magnet disini

easy

Setelah kita mendapatkan ikan (calon buyer) , anda harus sering-sering memberi mereka makan.

Dengan apa?

Dengan memberi edukasi-edukasi dan tips yang bermanfaat. Ini adalah langkah anda untuk membangun Relationship yang baik dengan mereka. Tujuanya adalah membangun Authority , kedekatan dan menciptakan TRUST (kepercayaan).

TRUST adalah segala-galanya dalam bidang jualan

Tujuan anda membangun bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Itu benar sekali, dan saatnya anda memancing ikan anda menggunakan JARING. Jika anda melakukan semua hal diatas dengan baik, maka bisnis anda akan meledak larisnya.

Peran Copywriting

Apa peran copywriting di bisnis saya?

copywriting akan membantu anda dalam:

  1. Mengkonversi prospek menjadi buyer.
  2. memperbanyak average sales anda
  3. mengedukasi customer
  4. mencari team penjualan anda reseller, dropshiper, agen dan distributor.

Langkah pertama adalah mengubah MINDSET ANDA baca selengkapnya disini

Banyak yang akan anda rasakan dalam mempelajari copywriting, tentu bukan dari segi penjualan saja melainkan melebihi itu.

Anatomi copywriting

copy#1. Headline

Headline adalah mahkota dalam iklan dan promosi. Dalam pengamatan para ahli, 3 detik pertama adalah menentukan untuk datang atau tidaknya pelanggan ke website anda.

berikut ini jenis headline yang mematikan:

  • Benefit headline: menggambarkan keuntungan jika membeli produk anda . contoh EKONOMIS ( beli 1 dapat 2)
  • News headline : Berisi informasi dan berita . contoh : “Fakta menakjubkan tentang uang”
  • Selective Headline: berisi informasi untuk orang tertentu. contoh: “Khusus untuk wanita”
  • Curiosity Headline: headline yang membuat penasaran contoh: “Rahasia menjadi kaya telah ditemukan”
  • Gimmic Headline: Berisi permainan kata-kata. contoh” Modal Gratis hasil Fantastis”
  • Fear headline: membuat pembaca takut dan akan mengikuti saran anda. contoh: “Hati-hati bahaya kolesterol”
  • Question headline: memberi pertanyaan kepada pembaca, contoh” Sudah cek tokopedia belum?”
  • Quotation hedaline: menyantumkan quote dari orang lain untuk dijadikan headline. contoh” orang bijak minum ….”
  • Command headline: berisi ajakan dan perintah. contoh ” ayo sekolah”
  • Claim Headline: menyatakan paling dari yang lainya. contoh” Buku terlaris didunia”
  • You and I headline: Berbicara dengan pelanggan. contoh” Saya akan membantu anda menjadi kaya, mau?”
  • Teaser Hedaline: Berisi tantangan. contoh” Buktikan kemampuan anda disini”
  • Merk Headline: Mencantumkan logo perusahaan, hanya untuk perusahan yang sudah terkenal seperti apple, samsung dll

#2. Penawaran

Penawaran disinia adalah sebuah umpan, apakah mereka merespon yang anda jual atau tidak. Anda harus tahu yang mereka inginkan, masalahnya apa serta anda harus membantu mereka mereka dengan memberitahu bahwa anda mempunyai solusinya.

Hal yang harus anda cantumkan pada penawaran.

  • Pengantar
  • Deskripsi produk
  • Detail manfaat  (benefit)

#3. Alasan

Yakinkan para pelanggan dengan metode “WHY”

  • Kenapa Produk anda lebih baik daripada produk lainya?
  • kenapa mereka harus percaya dengan anda?
  • kenapa mereka harus membeli produk anda?
  • kenapa harus membeli sekarang ?
  • dll

#4. Bonus

Banyak orang membeli sesuatu bukan karena tertarik dengan produk tersebut, melainkan tertarik dengan BONUS yang di berikan.

Berikan bonus dengan mematuhi hal berikut:

  • Ada nilainya. Berikan bonus ebook dengan mencantukkan penjelasan (nama ebook , Senilai berapa )
  • Relevan. Ada hubunganya dengan yang anda jual
  • Berkualitas.

#5. Testimoni

Jika anda menampilkan testimoni maka copywriting anda semakin kuat dan dipercaya.

tes

#6. Garansi

Adanya garansi akan menambah trust pelanggan terhadap anda.

#7. CTA( Call To Action)

Tujuan point ini adalah agar pelanggan melakukan tindakan yaitu membeli produk yang anda tawarkan. Tulis lebih dari satu kali dan to the point.

Formula AIDCA

Pengambilan keputusan pembelian adalah suatu proses psikologis yang dilalui oleh Konsumen atau pembeli, prosesnya yang diawali dengan tahap menaruh perhatian (Attention) terhadap barang atau jasa.

kemudian jika berkesan dia akan melangkah ke tahap ketertarikan (Interest) untuk mengetahui lebih jauh tentang keistimewaan produk atau jasa tersebut

Jika intensitas ketertarikannya kuat berlanjut ke tahap berhasrat/berminat (Desire)karena barang atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan-nya.

Kemudian membuat mereka Penasaran dan yakin (conviction)

Jika hasrat dan minatnya begitu kuat baik karena dorongan dari dalam atau rangsangan persuasif dari luar maka konsumen atau pembeli tersebut akan mengambil keputusan membeli (Action)barang atau jasa yang di tawarkan.

 Teknik menulis copywriting

  • Story copy: menyajikanya dalam bentuk cerita yang sulit di tebak endingnya.
  • You and me copy: menyajikan tulis seolah-olah sedang berbicara langsung dengan pembaca.
  • Forthright copy: Menyajikan tulisan dengan menampilkan kelebihan dan kekurangannya.
  • Hiperbolic copy: Menyajikan tulisan dengan cara melebih-lebihkan dibanding dengan yang lain.
  • Teaser copy: Menyajikan tulisan dengan mengejek atu menjelek-jelekan pembaca.
  • News Page copy: menyajikannya dalam bentuk berita atau pengumuman.
  • Humourus copy: menyajikannya dalam bentuk humor.
  • Visual copy: menyajikanya dalm bentuk visual.

Terapkan ilmu persuasi dalam copywriting

Influence: The Psychology of Persuasion

Berdasarkan buku “the psychology of persuasion” karya Robert B. cialdini. Ph.d. Adanya Prinsip yang menciptakan pengaruh . yaitu:

#1.Timbal Balik. Jika seseorang memberi sesuatu pada kita, maka kita cenderung akan membeli balasanya kepada mereka.

#2. Konsisten & Komitmen. Semakin anda berkeinginan dan tidak mudah berpaling, semakin anda akan kuat menjalani itu.

#3. Sosial Proof (bukti sosial) . Mereka suka jika bersama-sama. Maka buatlah situs atau toko anda menjadi ramai.

#4. Liking (Rasa suka). Kita mudah dipengaruhi oleh orang yang kita sukai. Maka bangunlah empati dengan Prospek, Sewa model yang terkenal atau menyewa endorsment.

#5. Authority (otoritas). Mereka cenderung menaati seseorang yang memiliki otoritas (atau keahlian)

#6. Scarcity (kelangkaan). Sesuatu yang jumlahnya terbatas akan menarik lebih banyak peminat, seperti barang antik. Semakin langka semakin mahal.  Maka buatlah batas atau limited edition produk anda.

Berikut adalah rumus omset yang harus anda ketahui:

asdf

  • Prospek, adalah bagaimana anda mendatangkan pelanggan, entah dari email, pin bb, no handphone dll. Semakin banyak data Semakin banyak pula prospeknya
  • % Closing Seberapa besar kemampuan anda membuat orang yang hanya tanya-tanya menjadi pembeli
  • AVG sales , Seberapa besar transaksi penjualan yang terjadi. partial atau borongan
  • Repeat order Seberapa hebat anda membuat konsumen membeli produk anda lagi

Perlu di ingat, Copywriting bukanlah segalanya.

Jika anda sudah mahir dalam menulis copywriting, perlu anda ketahui target market anda. Jangan sampai anda susah susah membuat copy, namun tidak ada peminat sama sekali.

Target market anda yang salah

Anda harus memahami persona anda. Persona ( seseorang di dalam data anda yang akan membeli produk )

  • usianya berapa ?
  • Lelaki atau perempuan ?
  • sudah menikah apa belum ?
  • masalahnya apa ?
  • apa yang diinginkan ?

Setelah anda Berhasil menguasai semua aspek diatas, kemungkinan besar usaha anda akan berhasil dan berkembang.

Semoga bermanfaat.

Baca juga.“Bisnis online Digital marketing”

Advertisements