Membuat iklan yang menjual

iklan

Dalam pengertian umum, iklan adalah sarana bagi upaya menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai. Iklan adalah berita  untuk mendorong dan membujuk orang agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.

Iklan adalah kegiatan memberitahukan suatu hal, barang, atau jasa melalui media massa. Media yang digunakan, antara lain televisi, radio, koran, majalah, internet, dan sebagainya. Iklan berfungsi untuk menawarkan barang atau jasa kepada orang banyak melalui berbagai media.

Didalam bisnis online, iklan adalah tombak dari perputaran bisnis. Tanpa iklan bisnis akan mengalami collaps dan tidak akan bisa bagkit lagi.

Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk membuat anda mengerti seberapa pentingnya iklan itu.

Berikut ini adalah tahapan untuk membuat iklan yang menjual.

Step 1 (Persiapan)

#1. Menentukan target pelanggan ideal Anda
Jangan sampai anda menjual produk kepada orang yang salah, yang terjadi adalah mereka tidak akan membeli produk atau jasa anda.Target-Market

Kenapa pelanggan memilih produk anda?

  1. Karena orang itu punya masalah dimana produk Anda menjadi solusinya. Orang dengan senang hati membayar demi menghapus masalah dari hidupnya.
  2. Mereka merasa rugi jika  tidak membeli produk Anda.

Point di atas menunjukan ketertarikan pembeli atas suatu barang.

#2. Menemukan keunggulan produk Anda

Alasan kenapa pembeli memilih produk anda adalah karena keunggualnya dibanding dengan produk lain. maka dari itu cari keunggulan produk anda sebanyak-banyaknya.

Konsumen membeli Produk yang bermanfaat di kehidupan mereka.

Apakah produk Anda membuat mereka lebih bahagia, lebih lansing, lebih sehat, lebih kaya.. atau menghindarkan mereka dari resiko sakit, kemiskinan, terkucil, rendah diri, dsb.?

Jika Anda gagal menunjukkan manfaat produk Anda, konsumen tidak akan membeli, meskipun sebenarnya produk Anda yang mereka cari.

Tentukan Fitur produk anda

Apa itu fitur ?
Fitur secara harfiah berarti semua fakta-fakta objektif mengenai produk anda, mulai dari bahan pembuatan, warna, bau, dimensi, konstruksi, model, berat, cara pembuatan, cara kerja produk, umur produk (dalam kasus Anda menjual barang
second), dsb.

contoh :

“komposisi: tepung, telur , soda kue, coklat, dll”

Tentukan manfaat produk anda

Apa yang dimaksud dengan manfaat ?
Manfaat adalah hasil akhir yang diperoleh konsumen dari keberadaan fitur tersebut.

contoh:

“dilengkapi dengan madu untuk mempercepat penyembuhan panas dalam”

#3. Menyiapkan fakta-fakta pendukung kredibilitas

Pembaca akan lebih percaya iklan anda jika anda memberikan fakta-fakta pendukung. Seperti testimoni, garansi, diskon dll.

#4. Membuat penawaran tak tertahankan

Penawaran disini adalah sebuah umpan, apakah mereka merespon yang anda jual atau tidak.

Anda harus tahu yang mereka inginkan, masalahnya apa serta anda harus membantu mereka mereka dengan memberitahu bahwa anda mempunyai solusinya.

Step 2 (Menulis iklan)

Cara menulis iklan lebih baik menggunakan cara copywriting, copywriting sangat membantu karena ilmu tersebut dapat membuat lonjakan pengunjug secara luar biasa.

  • Lakukan formula AIDA
    (Attention, Interest, Desire, Action)

Proses Menaruh Perhatian ( Attention) kepada barang / jasa.

Buat calon pembeli berkesan maka dia akan melangkah ke tahap ketertarikan (Interest) untuk mengetahui lebih jauh tentang keistimewaan produk atau jasa tersebut.

Jika tahap interest anda kuat maka calon pembeli anda akan memiliki hasrat /minat terhadap apa yang anda tawarkan (Desire).

(Action) Tahapan terakhir untuk menentukan calon pembeli untuk membeli produk, mendaftar, membuat akun, mendownload, mengirim email, menelepon dll.

# Sekarang kita sampai pada Struktur Iklan yang menjual:

  1. Apa yang anda punya?
  2. Mengapa harus tertarik pada penawaran Anda ?
  3. Mengapa harus percaya kata-kata Anda ?
  4. Buktikan kata-kata Anda itu benar: berikan testimoni dan garansi
  5. Beritahu fitur & manfaaat produk Anda
  6. Apakah ada kelangkaan ? : berikan deadline pembelian dengan harga tertentu, jadikan limited edition, dll
  7. Bagaimana cara memesan ?
  8. Apa konsekuensi jika tidak memesan Produk/jasa Anda ?
  9. Perintahkan untuk memesan sekarang

Step 3 (Edit)

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, anda perlu merfisi atau mengedit hasil iklan anda tadi. Didalam step terakhir ini anda dituntut untuk memoles hasil jerih payah anda.

Berikut ini adalah tips mengedit iklan agar sempurna.

#1. Baca dengan suara keras.

Profile portrait of mid-adult Caucasian male screaming and pointing.

Jika anda menemukan kalimat yang janggal maka editlah.

“Jika terdengar buruk saat diucapkan, maka kalimat itu
juga buruk saat dibaca

#2. Gunakan kata kongkret ( Jelas)

Jangan gunakan kata yang suli dimengerti, kunci utama sebuah iklan adalah KEJELASAN.

#3. Buang kata-kata tidak perlu

Hindari kata-kata berikut dalam menulis iklan :

  • Bahwa : ada / tidak ada kata “bahwa”, memiliki arti yang sama.
  • Adalah: kata “Adalah‟ lebih sering tidak berarti apa-apa. Malah kehadirannya rawan mengubah iklan Anda menjadi pidato.
  • Sangat: Kata “sangat‟ cenderung tidak mempunyai arti. contoh: ” Beli sekarang juga , karena stock sangat terbatas”. Jika dihilangkan ” belilah sekarang juga karena stok terbatas” lebih nyambung artinya.

 

Tips #4. Gunakan format scannable

Pembaca bersifat seperti scaning, mereka memindai point mana yang menonjol. Agar iklan Anda lebih scannable, terapkan ke-4 trik berikut:

  1. Tebalkan kata/kalimat. memudahkan pembaca memindai konten sebuah halaman
  2. Variasikan ukuran font.
  3. Gunakan bulleted or numbered list. Mudah dicerna pembaca
  4. Perbanyak spasi antar paragraf. Pembaca lebih menyukai Spasi kosong dari pada tulisan

Tips #5. Gunakan paragraf pendek

Maksimal baris dalam satu paragraf usahakan tidak melebihi 4 baris, Kenapa? karena pembaca akan merasa bosan jika artikel atau iklan yang dibaca sangat panjang paragrafnya.

Tips #6. Hindari huruf BESAR & tanda seru !!!!

Huruf besar tidak ramah dimata. Pembaca membutuhkan energi untuk mencerna makna kalimat, jika menggunakan huruf besar semua berarti menujukan anda frustasi. Huruf besar di ibaratkan berteriak. Pembaca akan tersinggung dan tidak mau melihat iklan anda lagi.

JANGAN BERTERIAK !!!!

anda merasa di bentak kan?

Tips #7. Hemat kreatifitas

Maksudnya, anda jangan menambahkan tulisan berwarna, animasi gif, atau tanda panah dimana-mana, text kedap-kedip , dan masih banyak lagi. Bertujuan agar loading halaman anda lebih ringan ( jangan buang 4 detik pertama pembaca dengan percuma)

Terus yang paling utama apa ?

yang paling penting adalah Copy anda.

Tips #8. Periksa kesalahan ejaan & ketikan

Periksa kembali keseluruhan text iklan anda jangan sampai ada yang salah Ketki *, maksud saya salah ketik. 😛

Jika semua step diatas sudah anda kuasai, maka anda sudah bisa menulis iklan yang menjual.

Semoga bermanfaat.

baca juga

 

 

Advertisements