brandingCara yang paling baik dalam menentukan masa depan adalah dengan menciptakanya. Begitu juga dengan branding.

#Branding itu apa?

Branding adalah ikatan emosi antara produk anda dengan konsumen. Branding juga disebut Sebuah konsep pemasaran yang digunakan untuk menciptakan kesadaran yang lebih besar dari produk perusahaan Anda dan jasa

Sebuah nama menjadi brand tregantung pada seberapa kuatkah anda bisa menciptakan nilai.

Oh iya, brand dan branding apakah berbeda ?

berbeda menurut saya. karena brand adalah merek yang dimiliki oleh perusahaan, sedangkan branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand.

Di negara kita ini mayoritas masyarakatnya menyukai hal yang memiliki slogan (keyword) dan simbolistik (Key visual). contohnya :

  • Berakit-rakit (Key visual) kehulu berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.
  • Kalau ada sumur di ladang (key visual) , bolehkah kita menumpang mandi. Kalau ada umur panjang, bolehkah kita berjumpa lagi
  • Bak pinang (Key visual) dibelah dua.

“Sebuah usaha itu tidak memerlukan uang, namun usaha itu memerlukan ide”

Berikut ini adalah Kerangka sebuah Branding

  1. Key visual (perumpamaan)
  2. Keyword ( kata yang khas )
  3. Keysound ( nada bicara khas)

Branding juga mempunyai unsur 3C’s yaitu :

  • Clarity (jelas)
  • Consistency (tetap pada image-nya)
  • Constancy (selalu ada di mana dibutuhkan)

Kita berbicara tentang uang, taukah anda bahwa uang tidak akan bisa membeli ide?
Ya , uang hanya bisa membeli fisik saja, Idelah yang bisa mendatangkan uang .

#Manfaat Brand

Beberapa manfaat brand image pada perusahaan:
1.    Memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen.
2.    Lebih mudah mendapatkan loyalitas pelanggan.
3.    Membuka peluang Anda untuk menetapkan harga jual yang lebih tinggi.
4.    Peluang bagi pelaku usaha untuk melakukan diferensiasi produk.
5.    Menjadi ciri tertentu yang membedakan produk Anda dengan produk milik pesaing.

 

brand

Brand menguasai 80% usaha anda.

  • Slogan 5 %
  • Logo 5 %
  • Merek  5 %
  • produk 5 %

Branding muncul karena pengalaman dan mencerminkan kepercayaan. Jika anda membeli barang yang sudah ada brand nya, berarti anda tidak membeli barang tersebut melainkan anda membeli jati diri.

Masyarakat menilai brand dari kebutuhan dasarnya , perasaan amannya apa yang akan di peroleh, dan masih banyak lagi.  Hingga akhirnya posisi tertinggi di masyarakat brand itu sudah menjadi jati diri bagi setiap orang.008_rolex

contoh : jam tangan rolex, anda mungkin membeli jam tangan tersebut karena mewah dan berkelas. Itulah jati diri , an da ingin melihatkan bahwa anda sukses dan mempunyai gaya hidup mewah.

# Brand Heaven & Brand Hell

Brand Heaven

Adalah Sebuah keadaan dimana brand tersebut sudah mendapat kepercayaan dan kesetiaan dari para konsumennya.

di bentuk dari:

  • interaksi positif
  • rasa percaya
  • konsisten
  • otoritas
  • kredibilitas
  • Loyalitas

Brand Hell 

Adalah sebuah keadaan dimana brand berada dalam masa-masa sulit. Pada masa ini sebuah brand mendapat tanggapan negatif dari para konsumen seperti tidak percaya pada brand tersebut.

dibentuk dari :

  • interaksi negatif
  • Tidak percaya
  • Tidak konsisten
  • Tidak punya otoritas
  • Tidak kredibel
  • Tidak loyalitas

Apa Yang Perlu Dibuat untuk menciptakan sebuah branding ?

1. The Brand
Brand Name, Tagline, Logo, Icon, Brand Guidelines
2. The Corporate Identity
Letterhead, Envelope, Company Profile, Name Card, Packaging
3. Sales & Marketing Tools
Brochure, Poster, Flyer, Catalogue, Presentation w/ Photo and Video Profile
4. Digital Branding
Domain – Hosting, Website, Maintenance, Optimization, Social Media Campaign

Kuncinya adalah jika anda ingin merek anda menjadi merek sejati maka jadikanlah diri anda cerminan dari kejujuran kepercayaan dan kebaikan,

Semoga bermanfaat.

Advertisements