kemasan makananPackaging akan terlihat bernilai jika di selaraskan dengan branding anda. Kenapa ? karena branding dapat diterapkan pada packaging atau kemasan untuk menambah nilai suatu produk dan dapat menarik minat konsumen terhadap produk itu sendiri.

Jika saat ini Anda telah memiliki produk namun belum memiliki desain untuk packaging produk Anda, sekarang saatnya mulai membuat desain packaging untuk produk Anda

Tujuan atau fungsi utama dari adanya packaging produk adalah untuk melindungi produk dari goresan atau cacat produk yang membuat produk menjadi rusak.

Selain itu juga packaging produk tidak hanya difungsikan pada saat proses pendistribusian barang dari pabrik ke beberapa distributor, tapi packaging produk juga bisa melindungi produk ketika berada di toko-toko retail. Dan masih banyak lagi seperti:

  • Informasi produk
  • Penyesuaian lingkungan (distribusi di pasar , mall, toko atau yang lainya)
  • Kenyamanan, bagi konsumen maupun yang menjualnya
  • Pertimbangan Ekonomis
  • Merupakan Nilai promosi,( sosialisasi ke konsumen)

Jika anda memiliki desai packaging yang sudah menarik, anda juga harus memperhatikan Salesman anda. Siapakah salesman itu? Salesman adalah orang yang akan memanage produk anda. Menurut saya seorang salesman harus menguasai point berikut:

  • COVERAGE ( area yang menjadi tanggung jawab salesman)
  • KETERSEDIAAN PRODUK (memastikan tersedianya produk yang layak jual di sebuah outlet/pasar)
  • STOK (mengecek jumlah produk layak jual yang berada di rak pajang dan di dalam gudang outlet)
  • PIUTANG (tagihan kepada pelanggan atas penjualan barang yang telah dilakukan)
  • PENGIRIMAN ( memonitor kegiatan pengiriman barang yang dilakukan oleh divisi pengiriman)
  • KOORDINASI
  • LAPORAN (Laporan salesman yang berisi data dan karakteristik pelanggan, data penjualan serta aktivitas kompetitor)
  • HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN ( harus menjaga hubungan baik tersebut sehingga dapat meningkatkan profit perusahaan)

Salesman juga harus memiliki kriteria-kriteria berikut:

  • Penampilan Menarik
  • Profesional
  • Keyakinan diri yang tinggi
  • Pengetahuan produk.bahan baku, pembuatan dll
  • Empathy. Mampu mengontrol diri seperti di saat konsumen menawar harga
  • Memberikan solusi.
  • Care pada konsumen
  • Tidak berteriak atau hardsell.
  • Higienis, bersih penampilan dan badan

Tahukah anda bahwa salesman dapat muncul dalam packaging, salesman tersebut dinamakan Silent salesman. Caranya adalah kriteria salesman terapkan pada packaging anda . Packaging yang mampu menjadi silent salesman adalah harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  1. Packaging harus memiliki penampilan menarik
  2. Packaging harus profesional (gambar dan produk harus sesuai)
  3. Packaging harus berkeyakinan diri yang tinggi
  4. Packaging harus memahami produk, begitu orang melihat produknya sudah bisa menebak apa isinya.
  5. Packaging harus berempathy, memahami need and want dari konsumen
  6. Packaging harus memberikan solusi.
  7. Packaging harus care kepada konsumen. tidak merepotkan saat  membawanya, tidak membahayakan, dll
  8. Packaging tidak harus berteriak atau hardsell.  Harus memiliki estetika , jangan berwarna yang mencolok.
  9. Packaging harus higienis. tampilan bersih dan di tata dengan rapi.

Komponen Design Packaging

  • Ukuran dan bentuk
  • Material
  • Warna
  • Huruf
  • Grafis

Komponen fungsional

  • Design struktur. mekanikal dari sebuah packaging
  • Identitas brand personality

Packaging harus memiliki kekuatan rangsangan ( Stimulan). Pada saat konsumen melihat kemasan anda , mereka akan merasa lapar dan harus membeli produk anda. packaging sangat berperan dalam mempresentasikan produk bisnis anda untuk memaksimalkan penjualan. Jadi anda menunggu apa lagi?

Buatlah packaging semenarik mungkin.

Semoga bermanfaat.

Advertisements