Link-Building1Link building adalah cara untuk mendapatkan backlink yang sehat dan berkualitas.

Namun banyak kalangan membangun backlink menggunakan cara yang extreme yaitu dengan cara tehknik black hat. Black-Hat-SEOApa itu teknik black hat ? teknik yang ” memberikan halaman yang berbeda antara yang diminta oleh search engine dengan halaman yang akan ditampilkan untuk pengunjung”. Black Hat SEO berusaha menaikkan peringkat sebuah website dengan cara yang bertentangan dengan ketentuan dari search engine, atau melakukan kecurangan.

Hindari perbuatan berikut ini:

  • Link Farm intinya Link Farm adalah sebuah halaman web/situs yang memiliki ratusan outbound link TANPA memiliki artikel dan hanya dikhususkan untuk itu.
  • Cloaking Page atau Doorway page adalah membuat suatu kode khusus yang akan mendeteksi,apakah pengunjung situs tersebut berasal dari Search engine atau manusia,jika berasal dari search engine maka situs otomatis akan mengarahkannya ke halaman khusus yang berisi keyword keyword saja. Namun jika pengunjung yang datang adalah manusia,maka akan ditampilkan halaman yang asli.

  • Keyword Stuffing (Keyword Spamming) Jadi pengertian Keyword Stuffing disini adalah keyword atau kata kunci yang di isi terus-menerus atau kata kunci yang diulang-ulang. Berbeda dengan Keyword density masih mengutamakan mutu artikel tersebut dengan menyelipkan beberapa keyword potensial,sedangkan keyword stuffing dengan paksa menjejalkan semua keyword ke segala penjuru artikel tanpa memandang mutu artikel yang dihasilkan.
  • Invisible text (teks tak terlihat) Cara tradisional dalam metode black hat yang sering kita temui adalah dengan menyamakan warna huruf keyword yang sengaja ditulis berulang ulang dengan background halaman web.
  • Scraper Pages (Web scraper, Auto generated Page) Yaitu halaman web, yang dibuat secara otomatis menggunakan software tertentu, biasanya scraper page ini menangkap kata pencarian yang dilakukan search engine lalu secara otomatis software tersebut mencari artikel / resources di website lain,mengkopinya dan memasukkan di halaman tersebut dengan instan.

OK, kita mulai lagi focus ke materi. Bagaimana sih Backlink Yang Berkualitas itu ?

Paling utama yang harus anda ketahui. konsep link building adalah Natural dan berkualitas. “Natural artinya diberikan secara sukarela atau atas ijin dari pemilik website lain. Bukan hasil dari spam atau submit otomatis.” Susah dong cari yang natural ? itu salah, banyak kok contohnya website dengan 1 backlink yang masuk halaman pertama pencarian google.

Inilah 14 cara untuk mendapatkan link yang berkualitas:

#1. Sediakan konten yang berkualitas sebagai pondasi karena konten merupakan pondasi dari link building. Kita sebagai manusia saja menginginkan hidup yang natural, apa lagi konten.

#2. Minta backlink :D, ini hal yang lucu menurut saya. Kenapa sih pemilik website memberi kita backlink ,

alasan seorang pemilik website merekomendasikan artikel anda:

  • Isinya luar biasa
  • Mereka tahu siapa anda

Terkadang melalui iklan di baner yang menarik juga akan memberikan backlink

seperti di bawah ini

 

link buildingInilah cara untuk menjalin hubungan baik :

  1. Cari beberapa pemilik website dalam topik yang sama/mirip dengan anda. Idealnya website target kita sudah lebih populer dan dikelola secara aktif.
  2. Temukan kontak dan akun jejaring sosialnya.
  3. Berikan komentar bermutu setiap kali ada artikel baru, tweet dan share artikel mereka, coba mulai percakapan melalui social media, pasang link ke konten mereka.
  4. Ajak ngobrol, mulai bangun hubungan baik dengan mereka.

teknik ini sederhana, tapi manfaatnya untuk jangka panjang luar biasa.

#3. Broken link building Broken link artinya link dari suatu halaman website ke website lain yang sudah mati. Ketika di-klik, halamannya sudah tidak ada.

link buildingNah kalau broken link building artinya kita mencari website orang yang mempunyai link yang sudah mati alias broken , kita saranin kepada pemiliknya untuk mengganti link tersebut dengan link kita. Kalau pemiliknya setuju otomatis backlink kita nambah satu (+1 backlink)

#4.Resource link building
Anda mungkin pernah menjumpai artikel seperti ini “5 Registrar terbaik dunia”, “5 Blog paling menginspirasi”

Artikel-artikel ini sudah menampung banyak link menuju website lain, jika website anda layak kenapa tidak? caranya seperti ini .Hubungi pemilik website tersebut jika kategori website anda cocok dengan artikelnya. Informasikan bahwa anda punya blog yang sejenis, kemudian minta mereka untuk melihat, memeriksa, dan menambahkan website anda ke daftar.

#5. Intip backlink dan strategi milik kompetitor

Merupakan teknik favorit banyak praktisi SEO.Anda bisa melihat backlink milik kompetitor anda dengan menggunakan layanan

Teknik ini memiliki potensi yang sangat besar.Tapi hati-hati dengan link jenis spam, hindari website yang kualitasnya rendah apabila anda tidak ingin mendapatkan resiko.

#6.Website direktori yang bersih dari spam

Ciri-cirinya: Direktori yang jelek topiknya terlalu beragam, tanpa seleksi penerimaan, tidak ada aktivitas pengunjung, dan sebagian besar website yang terdaftar disana juga tidak jelas kualitasnya.

Biasanya direktori yang bagus adalah direktori bisnis. Anda yang punya website bisnis, inilah cara termudah untuk mendapatkan backlink yang lumayan kualitasnya.

#7. Guest blogging untuk mendapatkan traffic

Guest Blogging adalah Kegiatan menulis artikel di blog lain dengan imbalan mendapatkan link berkualitas dari artikel tersebut ke blog milik kita. Sederhananya, kita menulis posting yang berisi link blog kita, lalu dikirim ke pemilik blog yang kita pilih untuk diterbitkan.Guest-Blogging

Orang yang melakukan Guest blogging ini disebut Guest Blogger (Blogger Tamu). Sedangkan, artikelnya disebut dengan Guest Post atau Guest Article (Postingan Tamu/Artikel Tamu).

“Tidak semua guest post berdampak positif.”

kok bisa? Di akhir tahun 2014 Google menyatakan link guest post dari sembarang blog bisa menyebabkan penalti. Terutama apabila berasal dari website-website yang dibuat hanya untuk menampung guest post. Atau website yang menjual guest post.

Untuk mencari website yang menerima blogger tamu dengan topik tertentu, gunakan keyword ini untuk melakukan pencarian di Google (tanpa tanda petik):

  • “Topik” guest post
  • blogger tamu “Topik”
  • “Topik” guest blog
  • postingan tamu “Topik”
  • “Topik” write for us

Contohnya: “Belajar bisnis guest blog“.

#8.Pancing perasaan dengan konten ego bait

Ego bait membahas mengenai seseorang/usaha/organisasi dalam konten yang kita buat.

Harapan kita adalah membuat mereka akan menyadari ‘umpan’ dari anda, merasa senang/bangga, kemudian mempromosikan konten anda di websitenya dalam bentuk link maupun mention di social media.

Ada beberapa contoh penerapan ego bait:

  • Membuat konten berbentuk daftar kumpulan website, misalnya “20 blog Motivasi terbaik di Indonesia”
  • Membuat konten daftar artikel terbaik dalam suatu topik
  • Membahas spesifik mengenai kesuksesan/kisah orang tertentu dalam satu artikel

#9.Pancing perhatian dengan konten link bait

Hampir mirip dengan ego bait namun pengertianya berbeda yaitu membuat konten dalam bentuk apapun yang mampu mengundang perhatian banyak orang sekaligus sehingga potensi mendapat backlink jadi tinggi.link bait

Ada beberapa bentuk penerapan link bait:

  • Artikel kontroversial yang jadi pembicaraan banyak orang
  • Konten interaktif yang bermanfaat atau bisa membuat orang terhibur, misalnya kalkulator, game, atau kuis
  • Artikel yang merupakan penjelasan atau opini dari sebuah berita yang sedang populer.

#10.Manfaatkan content sharing platform

Jenis content sharing platform seperti:

  1. SlideShare – konten presentasi
  2. YouTube & Vimeo – video
  3. Medium – artikel
  4. Kompasiana – artikel, Indonesia
  5. Lintas.me, VIVAlog – social bookmark, Indonesia
  6. Reddit – social bookmark

Kita bisa “menumpang” untuk langsung mendapatkan traffic. Mungkin tidak memberi manfaat SEO secara langsung tetapi merupakan media yang sangat efektif untuk mempromosikan konten. Selain berupa link, anda akan mendapat pengunjung.

“Lebih baik mengirim 1 konten berkualitas daripada 1000 konten spam”

#11. Buat konten yang berpotensi viral

Sebenarnya apa sih viral itu? Viral lebih dikenal sebagai metode penyebaran pesan dengan menggunakan teknologi, baik itu internet maupun mobileViral erat kaitannya dengan konten. Seseorang menerima e-mail atau pesan SMS dari kenalan atau dari suatu institusi.link building

Kalau anda adalah orang yang kreatif dalam membuat gambar, video, atau musik, coba buat yang berpotensi menjadi viral.Pastikan website anda social media-friendly dengan cara menggunakan gambar/foto yang menarik, memasang tombol sharing, serta menggunakan meta Open Graph dan Twitter cards.

#12. Lakukan forum marketing, bukan forum spamming

Ini pointnya

  1. Temukan forum yang sesuai dengan topik utama anda
  2. Buat akun yang serius, lengkapi data termasuk foto/avatar
  3. Jawab setiap pertanyaan dari anggota forum dengan jawaban yang lengkap, buat mereka tidak perlu membaca jawaban dari orang lain
  4. Ulangi selama beberapa hari sampai anggota forum kenal dengan anda
  5. Setelah ini barulah anda bisa mulai sekali-sekali menaruh link website

Lakukan 5 point di atas dengan ikhlas. Karena memang forum merupakan tempat promosi yang paling mudah.

#13. Dapatkan link dari brand mention

Tehknik ini berlaku jika anda sudah mempunyai reputasi. Misalnya anda punya brand atau website bernama “PanduanIm”. Kemungkinan besar nama website anda ini sudah dikenal oleh beberapa orang, dan ada beberapa website yang menyebutkan nama tersebut. Ini kita sebut brand mention. Tetapi tulisan itu bukan link, hanya text saja. Anda hanya menyarankan kepada pemilik website lain yang menyantumkan brand mention dengan link aktif.

ini adalah cara menemukan brand mention :

Ada beberapa alat bantu:

  1. Fresh Web Explorer
  2. Google Alerts
  3. TalkWalker Alerts
  4. Mention (gratis 250 mention per bulan)

Saya akan contohkan caranya dengan menggunakan Mention.

Pertama-tama, tentunya buat akun seperti biasa.

Lalu setelah login, klik tombol “Create New Alert” di sebelah kiri.

(Tampilan website-nya mungkin akan sedikit berbeda)

Pilih salah satu yang ingin anda monitor, karena saya ingin memonitor PanduanIM maka saya memilih “your company”. Kalau anda ingin memonitor nama anda sendiri, pilih “you”…demikian pula untuk yang lainnya.

Mention-your-company

Masukkan nama website anda, klik “advanced settings”.

Mention-company-name

Masukkan versi lain dari nama website anda, misalnya “Panduan IM” (ada spasi-nya). Kalau tidak ada, klik next.Mention-advanced-settings

Selanjutnya pilih sources dan bahasa. Jangan lupa cek Indonesian/Malay untuk website berbahasa Indonesia.

Mention-source-dan-bahasa

Kalau anda mendapatkan banyak Tweet untuk akun anda, sebaiknya source dari Twitter dinon-aktifkan. Ini karena versi gratis dari Mention hanya memberikan 250 mention per bulan.

Kemudian anda juga bisa menghubungkan akun FB dan Twitter supaya mention ke akun-akun tersebut diikutsertakan.

Mention-akun-social

Klik finish…selesai.

Selanjutnya anda akan mendapatkan email setiap kali ada mention untuk nama/brand anda.

Mention-link-dari-website-lain

Apabila ada mention tanpa link, hubungi pemilik websitenya dan minta dengan sopan untuk mengubah teks tersebut menjadi link aktif.

#14. Menggunakan jasa SEO

Hati-hati menggunakan point ini,  Kebanyakan jasa tersebut memberikan backlink berkualitas buruk.

Jadi hati-hati dengan jasa backlink yang memberikan banyak backlink sekaligus secara tidak natural.

perhatikan tips berikut ini untuk menjamin kualitas backlink yang anda bangun:

  • Bangun link ke artikel/konten, bukan homepage
  • Gunakan anchor yang beragam mulai dari nama website, keyword, frase umum (“klik disini”, “website ini”, dsb), dan tanpa anchor
  • Gunakan konten yang berkualitas untuk guest blog dan content sharing platform
  • Diversifikasi-kan jenis website, jangan fokus dalam 1 website atau di 1 jenis website

Demikian penjabaran saya tentang link building yang baik. Semoga bermanfaat.

Advertisements